Kurang tahu ada berapa jumlah website di dunia maya ini sekarang sejak ditemukan oleh   Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee dan kemudian disambungkan dengan jaringan antarkomputer pada tahun 1991.  Netcraft melansir angka 525,998,433 situs, yaitu yang merespon survei webserver pada bulan November 2011. Angka tersebut naik 22 juta (+4.3%) dari bulan sebelumnya. Khayal bin mustahil jika kita hendak membuka website satu demi satu, atau sekedar setiap hari berganti-ganti website. Pasti di antara setengah milyar lebih website tersebut terdapat beberapa yang menjadi favorit, yang dua-tiga kali berulang hingga yang nyaris setiap hari kita kunjungi.

Saya tidak akan mengemukakan website favorit juga yang un-favorite bagi saya. Sepanjang minggu ini di daftar postingan terbaru blog.ugm.ac.id terdapat banyak judul “my favourite website“. Setelah penasaran mencoba melihat beberapa di antara blog-blog tersebut, ternyata mereka men-submit tugas kuliah Pak Bambang Prastowo, suhu kita. (Btw, saya suka judul matakuliahnya: Teknologi Informasi Kontemporer).

Kemenarikan, Keterbacaan

Judul yang sama dapat membuat Pak Bambang Pras mudah mengenali tugas dari mahasiswanya. Akan tetapi, jika semua mengirim dengan judul yang sama, di luar Pak Bambang Pras mungkin tidak banyak yang tertarik. Mungkin ini berkaitan dengan aspek  kemenarikan suatu posting.

… satu lagi yang perlu dilakukan,  yaitu membuat judul yang unik sehingga menggoda dan menarik untuk diklik.

Jika selama ini banyak yang menyoroti keterbacaan suatu halaman website dari segi tipografi (terutama penataan baris dan paragraf, pemilihan jenis dan besar huruf, dan sebangsanya), saya pikir ada satu lagi yang perlu dilakukan,  yaitu membuat judul yang unik sehingga menggoda dan menarik untuk diklik. Mungkin hal ini tidak berlaku bagi pembaca yang menggunakan mesin pencari karena cakupannya kadang menjadi sangat sempit atau tidak menggambarkan isi, tetapi semoga berhasil menarik (calon) pembaca jika judul tersebut berada dalam suatu daftar seperti di blog.ugm.ac.id.

Di antara banyak mahasiswa Pak Bambang Pras tersebut terdapat juga yang membuat judul lain yang menjadi menarik karena berbeda dan tidak datar (ada emosinya), seperti “I Love these Websites“. Cukup menggoda, membuat pembaca ingin tahu mengapa website-website tersebut dicintai.

*

Okelah, untuk postingan ini saya coba bereksperimen dengan judul “My Un-favourite Website“. Semoga banyak yang ‘tersesat’ … [z]

ke atas