Catatan (daripada) Sekti

"dari kumpulannya terbuang" | Chairil Anwar | 1943

Hitam si Kotak

Bersamaan dengan berita tentang musibah jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 di kawasan Gunung Salak, Jawa Barat, populer lagi istilah kotak hitam, black box. Uniknya, kotak ini sama sekali tidak hitam karena harus terlihat mudah secara kasat mata jika dicari. Maka, kotak hitam ini berwarna jingga, oranye. Setelah sempat dinyatakan bahwa tim SAR telah melihat kotak ini  akan tetapi belum dapat menjangkau, beberapa waktu kemudian diralat, bahwa ternyata kotak hitam belum ditemukan.\1 Jika penasaran, Wikipedia dapat memberikan gambaran tentang kotak hitam pesawat terbang.\2

*

Terdapat beberapa hal lain yang menggunakan kata “hitam” meskipun tidak jelas apa hubungannya dengan warna paling gelap ini.

Lubang hitam, black hole, di antariksa yang mampu menelan apapun. Masih menurut Wikipedia, lubang hitam adalah “sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar.” “Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata “hitam”.”

Kambing hitam, sering dicari ketika terjadi suatu kesalahan. Seseorang atau sesuatu yang mungkin tidak bersalah, serta merta dijadikan tumpuan kesalahan.

Kuda hitam, merupakan seseorang yang tidak diperhitungkan tetapi tenyata mampu merebut kejuaraan, atau kekuasaan. Berita di koran online hari ini: ” “Di sini Faisal Basri bisa jadi kuda hitam. Tetapi sampai sekarang, dia masih harus bergulat mencari tambahan dukungan,” kata Burhan ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (20/3/2012).”

Laut Hitam? Laut yang terletak di antara Eropa Timur dan Asia Barat ini kelihatannya berwarna biru juga, seperti laut lainnya. (Eh, pada sisi lain dari Asia Barat terdapat Laut Merah).

*

kuda hitam caturPenggunaan kata ‘hitam’ secara konotatif, kiasan, lebih jelas terlihat pada istilah-istilah seperti ‘dunia hitam’, ‘lembah hitam’, ‘ilmu hitam’ (black magic),  ‘daftar hitam’ (black list), ‘kampanye hitam’ (black campaign) dan di awal tahun lalu populer kata ‘pengusaha hitam’. Dalam upacara kematian, sekarang banyak yang mengenakan pakaian warna hitam yang dianggap cocok untuk suasana duka. Konon, tradisi ini dimulai ketika Ratu Victoria bertekad hanya mengenakan pakaian warna hitam  sepeninggal suaminya, dan perlu diingat bahwa tidak semua kebudayaan mengharuskan penggunaan warna hitam untuk perkabungan. Arti warna dapat berbeda bagi setiap sukubangsa.

*

Di daerah Kabupaten Magelang terdapat seni pertunjukan rakyat yang rasanya relatif baru, topeng ireng ‘topeng hitam’. Sementara itu di sepajang jalan raya di sekitar Purworejo dan Kutoarjo terdapat minuman dhawet ireng, ‘dawet hitam’ yang juga ngetop (lagi?) beberapa tahun terakhir. Warna hitam untuk dawet diperoleh dari merang padi yang dibakar.

*

Sekarang kita dapat menemukan bunga tulip berwarna  hitam di Negeri Belanda yang benar-benar hitam seluruh mahkota bunganya (kita juga punya anggrek hitam yang hanya berwarna hitam pada bagian lidah bunga). Akan tetapi, bersamaan dengan hal itu ada yang aselinya berwarna hitam sudah mencoba meninggalkan sifatnya. Kopi, sebagai bahan untuk minuman, diolah dengan cara digosongkan sehingga berwarna hitam. Sejak tahun kemarin, jika tak salah ingat, terdapat promosi gencar kopi putih, white coffee. Nah.

*

Awan hitam di hati yang sedang gelisah
daun-daun berguguran
satu satu jatuh ke pangkuan

“Badai Pasti Berlalu” (Eros Djarot, 1977)

Catatan Kaki
  1. Update: akhirnya pada hari Selasa, 15 Mei,  dilaporkan bahwa satu di antara dua kotak hitam Sukhoi SSJ 100 telah ditemukan, yaitu cocpit data recorder. Kotak hitam yang bentuknya tidak murni kotak ini telah ditemukan dalam kondisi berwarna hitam karena hangus terbakar. Satu kotak hitam lain, flight data recorder ditemukan pada akhir bulan dengan masih berwarna merah ^
  2. Eh, semua pesawat terbang? Adakah pesawat tempur juga memiliki kotak hitam? ^

2 Comments

  1. ..menurut Titiek Puspa …si hitam itu manis dan baik budi…

    Si Hitam Manis(Titiek Puspa)

    Dulu pernah aku punya seorang kawan
    Namanya lucu tapi cukup mengesankan
    Pula badannya kecil dan kulitanya hitam
    Baik budi seperti seorang seniman kuingat namanya, oh si hitam

    Tapi dia kini tak pernah lagi muncul kembali
    Kabarnya dia telah lama pergi
    Dan kini menjadi kiai

    Oh, si Hitam, si Hitam, kawanku sayang
    Walau kini kau tak pernah menjelang datang
    Tapi namamu selalu di dalam ingatan
    Karena budimu baik seperti seniman salamku padamu ooh si Hitam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *